Rabu, 24 November 2010

Pengertian Corel Draw X3

Seperti halnya program olah grafis lainnya seperti Photoshop atau Illustrator, Coreldraw juga menyediakan fasilitas layer yang sangat berguna dalam penataan objek-objek. Meskipun penggunaan layer pada Coreldraw tidak “seenak” seperti pada Photoshop atau Illustrator, tapi fungsi dan manfaatnya tetap sama.
Pertama, kita akan mengingat lagi definisi-definisi yang berhubungan dengan layer dan mempelajari menu-menu layer pada Coreldraw.
· Layer : Suatu lembar transparan dimana kita menempatkan objek ketika menggambar. Jika kita menggambar pada suatu halaman (page), maka satu page dapat terdiri dari lebih satu layer. Kita juga dapat mengatur posisi (urutan) layer-layer pada suatu halaman.
· Master layer : layer yang terdapat dalam master page yang objek-objek yang terdapat didalamnya juga akan muncul pada setiap halaman. Master layer ini sangat berguna bila kita ingin suatu objek berada (ditampilkan) pada setiap halaman, misalnya sebagai header. Suatu master page dapat memiliki lebih dari satu master layer. Master layer yang kita buat akan secara otomatis berpindah ke master page.

Pertamakali muncul, secara default layer yang aktif adalah layer1. Jika kita sedang bekerja pada page 1, maka pada jendela object manager muncul page 1 kemudian di bawahnya ada Layer 1 yang apabila kita klik tanda “+” di dalam kotak kecil sebelah kiri tulisan Layer 1 tersebut akan terbuka objek-objek properti di dalamnya secara pull down (berurutan ke bawah).
Posisi objek dan layers diurutkan dari atas ke bawah, sesuai dengan posisi objek/layer tersebut pada halaman atau area gambar. Objek/layer yang berada lebih di atas, bila ditumpuk, akan menutupi objek/layer yang berada lebih dibawahnya. Bayangkanlah anda menggambar objek-objek pada beberapa lembar kertas transparan: setiap lembar kertas transparan itu adalah satu layer. Seperti itu jugalah sifat-sifat layer.
Membuat layer baru
Klik tombol fly out di bagian kanan atas docker object manager (object manager options), pilih new layer untuk membuat layer atau new master layer untuk membuat master layer baru.
Membuat layer baru juga dapat dilakukan dengan mengklik icon new layer pada pojok kiri bawah docker object manager.
Untuk dapat menggunakan suatu layer (bekerja pada suatu layer), kita harus membuat layer tersebut aktif terlebih dahulu dengan cara meng- klik pada nama layernya hingga tulisan nama layer menjadi berwarna merah (pada saat tidak ter-highlight).
Untuk membuat suatu layer menjadi master layer, klik kanan pada layer kemudian pilih master.
Pengaturan layer

· Mengaktifkan layer : klik pada nama layer

· Mengunci atau membuka kunci layer : klik pada ikon lock or unlock (gambar pencil) disebelah nama layer. Bila gambar pencil redup, berarti layer tersebut terkunci dan kita tidak dapat melakukan editing pada layer tersebut sekalipun layer dalam keadaan aktif, tetapi masih dapat di print (kecuali pilihan printing and exporting pada layer tersebut kita set menjadi disable). Kita juga dapat mengunci atau membuka kunci layer dengan cara meng-klik kanan pada nama layer kemudian aktifkan atau non aktifkan pilihan editable.

· Untuk mengedit pada semua layer (edit lintas layer) : klik pada ikon object manager options dan klik edit across layers. Bila ini diaktifkan, kita dapat melakukan proses editing pada semua layers baik yang sedang aktif maupun yang sedang tidak aktif (kecuali layer tersebut dalam keadaan terkunci atau disembunyikan).

· Untuk mengedit hanya pada layer yang sedang aktif : klik pada ikon object manager options dan perhatikan tulisan edit across layers. Bila disamping kirinya ada tanda centang, maka klik edit across layers untuk menonaktifkannya. Bila tidak ada tanda centang, maka biarkan saja. Bila edit across layers tidak aktif, kita hanya dapat melakukan editing pada layer yang sedang aktif atau yang berada pada dekstop. Kita tidak dapat memilih atau mengedit objek yang berada pada layer yang sedang tidak aktif.

Misalkan ada tiga gambar pada satu halaman yang masing-masing berada pada layer yang berbeda. Jika kita blok keseluruhan halaman tersebut, maka objek yang akan terseleksi hanyalah objek yang berada pada layer yang sedang aktif saja, sekalipun tidak ada yang terkunci.

  • Untuk menampilkan atau menyembunyikan layer beserta objek-objek di dalamnya, klik gambar mata (ikon show or hide) di sebelah kiri nama layer. Bila gambar mata tersebut terang, berarti layer ditampilkan. Bila gambar mata tersebut redup, berarti layer disembunyikan.
Objek yang berada pada layer yang disembunyikan tetap akan ditampilkan pada print preview (masih bisa di print) dan tetap akan terbawa bila kita mengekspor halaman gambar (kecuali pilihan printing and exporting pada layer tersebut kita set menjadi disable).
Dengan menyembunyikan suatu layer kita dapat mengenali dan melakukan editing objek-objek pada layer lainnya. Disamping itu juga dapat lebih menghemat waktu untuk merefresh tampilan gambar saat kita mengeditnya.
· Untuk menampilkan atau menyembunyikan halaman (page) pada objek manager, klik object manager options dan pilihlah show pages.
· Untuk pengaturan layer dan page, aktifkan dengan cara mengklik ikon layer manager view yang berupa gambar mata di atas tumpukan kertas.
· Memberi nama atau mengganti nama layer : klik kanan pada nama layer kemudian klik rename, tuliskan nama untuk layer tersebut. Penamaan layer berguna untuk menunjukkan isi atau urutan atau hubungan dengan layer lainnya.
· Mengubah urutan layer : drag layer pada object manager docker dan pindahkan ke urutan yang kita kehendaki.

Perpindahan dan duplikasi objek antar layer

Kita bisa memindahkan atau mengkopi objek-objek yang kita seleksi ke dalam layer baru atau layer lain. Demikian juga perpindahan atau duplikasi layer ke dalam master page.

Untuk memindahkan atau mengkopi suatu objek ke layer lain dapat dilakukan dengan cara :

1. Pilih objek yang akan dipindah atau dikopi

2. Klik ikon object manager options

3. Pilih dan klik salah satu : move to layer untuk pindah atau copy to layer untuk mengkopi ke layer baru

4. Klik layer baru tempat objek tersebut akan dipindah atau dikopi-kan

Menindahkan objek antar layer juga dapat dilakukan melalui docker objek manager dengan cara mendrag objek dari suatu layer ke layer lainnya.

Agar kita dapat memindahkan atau mengkopi suatu objek antar layer, maka layer-layer tersebut harus dalam keadaan tidak terkunci (unlock).

Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya.

2 komentar: